Wednesday 25 October 2017

Kupas Habis Tentang Kerokan Bersama Profesor Kerokan Indonesia di Nangkring Balsem Lang x Kompasiana.

Nangkring Kompasiana bersama Balsemlang. Ngobrol bareng Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Solo (UNS), Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo,dr, PAK, MM, M.Kes. yang mengupas habis tentang pengobatan tradisional kerokan seperti manfaat, tata cara kerokan yang benar, hingga makna kerokan itu sendiri.

Dengan gaya hidup yang berubah pesat belakangan ini, informasi tentang cara pengobatan traditional pun makin langkah. Contohnya, informasi manfaat kerokan makin berkurang, sehingga banyak mitos - mitos seputar kerokan.

Dikarenakan kepedulian akan masyarakat generasi sekarang, Prof. Didik Gunawan Tamtomo,dr,PAK,MM,M.Kes hadir di nangkring Kompasiana bersama Balsem Lang untuk mengupas habis mitos - mitos kerokan yang ditakutkan masyarakat. Ternyata, banyak sekali manfaat dalam kerokan itu lho menurut beliau:

1. Kerokan dapat membuat badan merasa lebih nyaman

Pada saat badan terasa tidak enak atau masuk angin, kerokan dapat membantu mengeluarkan hormon endorfin. Endorfin merupakan sejenis morfin alami dalam tubuh yang pada saat dikeluarkan badan akan merasa lebih segar. 

2. Kerokan menggunakan balsem memiliki manfaat untuk tubuh

Banyak jenis cairan zat aktif yang digunakan untuk melakukan kerokan. Ternyata balsem mengandung zat aktif yang baik untuk tubuh. Menurut Prof. Didik Gunawan Tamtomo,dr,PAK,MM,M.Kes mengunakan zat aktif dapat mengsinergikan penyembuhan di dalam tubuh. 

3. Kerokan tidak menyebabkan pembuluh darah pecah 

Adanya pelebaran pembuluh darah pada saat dikerok, namun tidak menyebabkan pembuluh darah pecah. Menurut Prof. Didik, beliau meneliti sendiri dengan cara mengerok lengannya sendiri. Kemudian, kerokan juga tidak menyebabkan kematian karena angin duduk. 

Beberapa fakta penting lainnya menurut Prof. Didik dari hasil penelitian beliau:

  • Jangan terlalu sering kerokan, nanti ketagihan.
  • Jangan kerokan di area sekitar dan daerah leher, karena tidak baik untuk kesehatan.

Jadi guys, masih takut untuk kerokan?