Pacu Jawi olahraga tradisional dari Sumatera Barat

pacu-jawi-sumatera-barat

Pacu  Jawi merupakan olahraga tradisional yang berkaitan dengan budaya lokal yang berasal dari Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Tanah Datar. Berbeda dengan karapan sapi di Madura yang diselenggarakan di arena kering, Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar di gelar di persawahan sehabis panen dalam kondisi arena berlumpur.

Uniknya Pacu Jawi ini dilombakan bukan dengan pasangan lawan sebagaimana layaknya perlombaan, tetapi hanya dilepas satu pasang setiap lomba. Seorang joki mengendarai sepasang sapi yang diapit dengan peralatan pembajak sawah sambil memegang tali dan ekor kedua sapi. Ketika joki ingin berlari cepat, dia akan menggigit ekor-ekor sapi. Semakin cepat sapi itu berlari, semakin keras dia harus menggigit ekor sapi.

Olahraga tradisional Pacu Jawi mencerminkan semangat yang sangat luar biasa anak nagari di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Oleh karenanya sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan budaya lokal tersebut maka pada tanggal 04 dan 11 Februari 2012 Balsem Otot Geliga mensponsori acara Pacu Jawi tersebut yang diadakan di Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

You can leave a response here.